Minggu, 24 Juli 2011

Menghadapi perubahan

Untuk menjadi lebih baik syarat yang harus kita penuhi adalah adanya perubahan. Prestasi seseorang tidak akan terwujud tanpa ada perubahan. Perubahan merupakan katalisator pengembangan dan pertumbuhan.
Permasalahannya banyak hal besar yang kita hadapi ketika mengalami perubahan. Munculnya ketidakpastian, keengganan untuk belajar kembali mengakibatkan kita banyak mencari alasan untuk suatu perubahan. Selama tahap transisi perubahan kita akan berada dalam zona kehidupan yang tidak nyaman. Ketakutan, ketidaktahuan, keraguan bahkan kadang muncul penolakan dari lingkungan orang-orang terdekat kita.

Perubahan memang sering membawa stress, bahkan meskipun itu perubahan ke arah yang lebih baik. Ketakutan dan keraguan memainkan peran yang cukup penting, bahkan dalam kondisi tertentu kita akan merasakan keterasingan terhadap diri kita yang baru. Pertanyaan-pertanyaan yang penuh dengan keraguan seperti, akankah saya berhasil? Bagaimana pendapat orang lain terhadap saya? Bisakah mereka merima saya? Senantiasa muncul memenuhi benak kita.  Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan membutuhkan perhatian dan kerja keras. Dr. Patricia Patton memeberikan tips ketika kita melakukan perubahan maka kita sebaiknya fokus terhadap 4 aspek berikut:
  • kesabaran
  • ketidakpastian
  • stamina 
  • frustasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar