Minggu, 24 Juli 2011

Kesabaran Dalam Menghadapi Perubahan

Menjalani waktu tunggu.
Sebelum perubahan terjadi, salah satu periode yang paling sulit dilewati adalah saat menunggu. Seringkali kita ingin mengemudikan kapal kita dan siapa saja yang ada di dalamnya dalam kekuatan penuh. Dan kita juga percaya bahwa keinginan kita adalah keinginan setiap orang.
Menunggu membuat kita seperti orang bodoh, sehingga kita terburu-buru dan ingin segera menyelesaikan pekerjaan tanpa menyadari bahwa periode menunggu adalah saat yang paling kritis. Mengapa? Karena pada periode ini memungkinkan melakukan kesalahan dan mengambil hikmahnya sebelum mengambil langkah-langkah berikutnya. Jadi sangatlah penting bagi kita untuk bersikap sabar dalam menjalani periode ini.
Sabar adalah bagian dari disiplin, ia bisa membentuk karakter dan memberi kesempatan agar "hukum" melaksanakan tugasnya. Jika kita khawatir, maka kita akan mencemaskan kelemahan diri sendiri atau memunculkan ketakutan yang sebenarnya tidak ada. Jika kita menunda, maka kita menyia-nyiakan periode kritis ini. Periode kritis inilah yang akan menentukan berhasil tidaknya perubahan kita.
Jika kita produktif maka kita akan mengisi periode kritis ini dengan aktivitas-aktivitas yang akan mempercepat laju kita. Jika kita tidak sabar maka kita akan bertindak berdasar impuls-impuls tanpa pertimbangan matang yang menyebabkan kita kehilangan momentum yang sebenarnya bisa kita ubah menjadi hal yang sangat positif.

Sumber: Mengembangkan EQ untuk menghadapi tantangan kehidupan (Dr. Patricia Patton)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar