Minggu, 24 Juli 2011

Ketidakpastian Dalam Menghadapi Perubahan

Tidak Ada Sesuatu Yang Pasti
Ada beberapa hal yang kita ketahui akan terjadi, tetapi sebagian besar tidak terjadi. Bahkan resep yang hebat dengan bumbu-bumbu yang tepat bisa berubah masam pada saat-saat terakhir karena adanya perubahan mendadak. Ini membuat hidup kita lebih menantang dan menggairahkan. Namun, ketidakpastian kadangkala berubah menjadi hal yang sangat menjengkelkan ketika kita menunggu sesuatu hal besar yang akan terjadi. Dan kita tidak bisa mengetahui bagaimana hasil dari hal besar tersebut.

Ada berbagai macam tanggapan ketika menghadapi ketidak pastian. Sebagian orang percaya bahwa jika anda optimis, ketidakpastian tidak akan banyak menimbulkan masalah. Sebaliknya, jika pesimis maka ketidakpastian akan menjadi kejadian yang menyakitkan. Sehingga bisa dikatakan sebenarnya optimisme dan pesimisme mempunyai kepedulian yang sama terhadap ketidakpastian, namun memiliki pendekatan yang berlainan.

Cara terbaik mengatasi ketidakpastian adalah dengan memastikan bahwa anda telah berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan hasil yang positif. Selanjutnya sibukkan pikiran dengan hal-hal lainnya. Jangan membiarkan diri kita memikirkan hal-hal yang masih mengambang. Jangan berhenti lantaran ketidakpastian; manfaatkan waktu untuk mencari cara-cara belajar, menyelesaikan masalah dan menciptakan kesempatan yang lebih baik.


Sumber: Mengembangkan EQ untuk menghadapi tantangan kehidupan (Dr. Patricia Patton) 

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar