Selasa, 01 Desember 2009

Mengenalkan Allah SWT kepada anak

Dear paretns ...

Berawal dari peristiwa ketika anak saya merasa khawatir apabila saya pergi jauh, maka saya mereview kembali tentang apa saja yang telah saya ajarkan kepada si kecil. Dan saya mulai mencari-cari bahan tentang mengenalkan Allah kepada anak.
Dari hasil membaca buku karya Dr. Abdul Karim Bakkar mengenai Memperkenalkan anak tentang Allah SWT, saya ingin membagikan beberapa hal:
Yang pertama kali harus diajarkan oleh orang tua kepada anaknya adalah pengenalan terhadap Allah (ma'rifatullah) dan menanamkan kecintaan terhadap-Nya. Kita harus senantiasa mengenalkan bahwa Allah lah sang Maha Pencipta, Maha Pemberi Rezeki, Maha Kuasa, Maha Dermawan, dan Allah lah yang Maha Melihat segala hal yang dilakukan oleh hambanya. Dan kepada Allah-lah kita sebaiknya senantiasa bersandar.
Agar hati anak bisa dihubungkan dengan Allah SWT, maka kita bisa melakukannya melalui pertanyaan, pengajaran ataupun pelafalan. Misalkan ketika anaknya meminta sesuatu, Bunda bisa menjelaskan, "Nak, mari kita minta kepada Allah agar Ia memberi rezeki kepada keluarga kita, sehingga kita mampu memenuhi permintaanmu.

Begitu juga dengan kegiatan kita sehari-hari,hendaknya orang tua senantiasa mengaitakannya dengan Allah SWT. Dengan pembiasaan seperti ini, semoga anak dengan mudah dapat mengenal dan mencintai Allah. Dan anak kita akan mempunyai keyakinan dan kekuatan untuk bersandar hanya kepada Allah. Sehingga harapan orang tua untuk mempunyai anak yang soleh bisa terwujud.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar