Selasa, 08 Desember 2009

4 Hal Penting Dalam Perkembangan Anak

Dear parents ...

Sering 'tidak sadar' saat menghadadapi perkembangan anak kita? Beragamnya rutinitas yang kita hadapi sering membuat kita 'tidak sadar' dengan perkembangan anak kita. Sehingga tiba-tiba saja si kecil yang penurut tiba-tiba 'membangkang' karena si kecil sudah merasa besar. Anak yang dulu paling senang minta pangku (justru orang tua yang 'agak keberatan' karena sudah capek) justru sekarang tak mau kita peluk. Nah, Laurence Steinberg, Ph.D. seorang profesor psikologi dari Temple University memberikan 4 hal penting yang harus diingat orang tua dalam menghadapi perkembangan anaknya :
  1. Anak akan berkembang dari satu tahap ke tahap yang lain. Perkembangan ini tidak hanya bagian luarnya saja tetapi bagian dalamnya juga mengalami perubahan.
  2. Pentingkan untuk mempelajari setiap tahapan perkembangan yang akan dilalui anak, sehingga orang tua bisa mengantisipasi kemungkinan permasalahan yang terjadi dalam perkembangan anak.
  3. Orang tua maupun anak tidak bisa mengendalikan sifat maupun tahapan perkembangan psikologi anak. Hal ini juga berlaku bahwa orang tua dan anak juga tidak bisa mengendalikan sifat dan tahapan perkembangan fisiknya.
  4. Kekuatan sama yang mengubah anak menjadi lebih baik saat dia berkembang biasanya juga ikut menyumbang bagi tantangan yang dihadapi orang tua pada masa itu.
Nah, yang terpenting bagi orang tua adalah sebisa mungkin menyesuaikan pola asuh kita dengan anak, karena setiap anak adalah individu yang unik. Karena perkembangan anak kita berubah-ubah maka peran kita sebagai orang tua juga berubah-ubah. So tetap bersemangat ya, untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar