Rabu, 09 Desember 2009

Mengatasi perilaku buruk anak

Dear parents ...
Setiap orang tua pasti mengalami berbagai perilaku buruk yang muncul pada buah hati kita. Dan banyak dari kita yang bingung atau merasa ragu-ragu untuk menangani berbagai perilaku buruk yang muncul pada anak kita. Dan saya juga bukan termasuk perkecualian di dalamnya. Berbagai perilaku buruk yang muncul pada anak saya, sering membuat saya ragu-ragu dengan penanganan yang sudah saya lakukan. Pertanyaan "Apakah saya telah menanganinya dengan benar?" kerap kali muncul dalam benak saya. Sehingga saya paling hobi "hunting" informasi tentang parenting. Nah kesempatan ini saya ingin berbagi tips mengatasi perilaku buruk anak, yang bersumber dari buku "Mengatasi Rengekan dan Perilaku Buruk Anak" karya Cynthia Whitham, MSW. Dia adalah seorang Licensed Clinical Social Worker di bidang pelatihan orang tua. Dia merupakan ahli terapi di UCLA Parent Training Program.
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan orangtua dalam mengatasi perilaku anak adalah memilah perilaku anak. Perilaku anak ini dibagi dalam 3 kategori, yaitu: perilaku yang anda sukai, perilaku yang tidak anda sukai, dan perilaku yang tidak bisa ditolerir. Untuk setiap perilaku orang tua akan menerapkan teknik yang berbeda.
  2. Langkah kedua, orang tua harus belajar bagaimana cara memberikan perhatian positif untuk meningkatkan perilaku yang disukai.
  3. Langkah ketiga, orang tua belajar menghilangkan perhatian untuk mengurangi perilaku yang tidak disukai.
  4. Langkah keempat orang tua belajar mengajak bekerja sama, cara-cara sederhana untuk membuat anak melakukan hal-hal yang kita inginkan.
  5. Dan pada langkah kelima, orangtua belajar bersikap tegas untuk menerapkan batas non fisik bagi perilaku yang berbahaya atau tidak bisa ditolerir.
Dear parents ...

I'll write penjelasan dari masing-masing langkah pada postingan selanjutnya. Tapi sambil menunggu mungkin parents sudah mulai bisa melakukan identifikasi dan pengelompokan tentang perilaku anak kita.
Semoga bermanfaat.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar