Kamis, 26 November 2009

Tips membuat surat lamaran kerja

Dear parents ...


Tahukah Anda bahwa surat lamaran kerja jika dibuat dengan baik dapat mengarahkan petugas rekruitmen untuk membaca resume sang pelamar. Karena itu dalam membuat surat lamaran kerja fokuskan surat Anda pada kelebihan yang Anda miliki. Diantaranya adalah: kemampuan khusus, pengalaman, prestasi dan kepribadian pelamar yang akan menguntungkan perusahaan yang dituju.

Secara garis besar berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat Surat lamaran kerja:

  1. Penampilan fisik. Perhatikan gaya penulisan surat, tampilan, kop, cetakan dan kualitas kertas harus sama dengan resume. Jangan sampai penampilannya berbeda, ini akan menurunkan kualitas kerja Anda.

  1. Isi
    1. Kepala surat. Perhatikan kop surat. Pastikan nama, alamat, nomor telepon atau email anda dapat dibaca dengan jelas

· Tanggal: tanggal penulisan surat merupakan indikasi tanggal informasi dan hal-hal lain yang berkaitan

· Nama dan jabatan yang dituju:sedapat mungkin dapatkan nama orang yang dituju, diikuti jabatan, nama perusahaan, alamat dan kode pos

· Kode jabatan atau nomor referensi untuk posisi yang diiklankan. Apabila Anda melamar untuk pekerjaan yang tidak diiklankan, tuliskan nama jabatan yang anda inginkan pada bagian perihal.

· Salam pembuka: gunakan nama yang dituju. Misalnya kepada Yth. Bapak/Ibu......, atau kepada Yth. Direktur HRD PT.........

    1. Alinea pembuka : Hindari kalimat pembuka yang teralalu panjang dan berlebihan. Kalimat pembuka sebaiknya langsung pada pokok permasalahan dan jelas.
    2. Alinea kedua : Pada alinea kedua tonjolkan kualifikasi yang tertulis pada resume Anda, juga ketrampilan dan karakteristik yang Anda miliki yang dapat menambah nilai tambah bagi perusahaan.
    3. Alinea penutup: Pada bagian ini berikan indikasi bahwa Anda mengharapkan balasan dari surat lamaran Anda baik melalui telepon, surat atau pun email. Tunjukkan juga bahwa Anda tertarik dan bersedia dihubungi sewaktu-waktu.

  1. Tanda tangan dan nama jelas: Pada akhir surat jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan dan nama lengkap Anda.
  2. Jangan lupa berdoa, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar