Jumat, 27 November 2009

SELF ESTEEM

Dear parents ...

Self esteem adalah bagaimana cara seseorang merasakan/menerima terhadap diri sendiri. Orang yang memiliki self esteem yang tinggi adalah pribadi yang tangguh.
Sedangkan orang yang memiliki self esteem rendah biasanya mudah merasa ragu-ragu dan merasa tidak mampu melakukan banyak hal. Orang yang memiliki self esteem yang tinggi, perasaannya tidak akan mudah berubah ketika mereka melakukan sebuah kesalahan. Mereka sadar bahwa meskipun mereka telah melakukan sebuah kesalahan mereka tetaplah seorang pribadi yang berharga Mereka mampu melihat diri sendiri sebagai seseorang yang memiliki nilai pribadi yang tinggi. Mereka mampu belajar dan melakukan banyak hal. Mereka menyukai diri mereka sendiri apa adanya. Dan bisa menerima kenyataan bahwa mereka tidak mungkin melakukan segalanya serta tidak mungkin menjadi seperti orang lain. Self esteem seseorang dipengaruhi oleh banyak hal yang terjadi dalam kehidupannya. Pada saat mengalami kejadian yang memalukan maka self esteem akan menjadi rendah untuk sementara waktu. Sedangkan pada saat kita mendapatkan suatu prestasi atau telah mengerjakan sesuatu dengan baik maka pada waktu-waktu ini self esteem akan meningkat. Apabila kejadian ini terjadi terus menerus maka akan membentuk self esteem yang kuat pada diri seseorang. Bagaimana kita dapat menyukai diri sendiri sebagaimana adanya. Beberapa langkah dibawah ini dapat membantu untuk meningkatkan self esteem yang kita miliki.

  • JANGAN BANDINGKAN DIRI SENDIRI DENGAN ORANG LAIN. Seperti halnya orang lain, kita memiliki kelebihan dan kekurangan. Semua pribadi adalah individu yang istimewa, bukan karena sempurna, namun karena kita adalah manusia. Setiap individu adalah pribadi yang unik. Tidak ada seorangpun di dunia ini dapat berfikir dan bertindak yang sama persis. Kita dapat mencintai dan membantu orang lain dengan cara tersendiri.
  • JANGAN BERFIKIR TENTANG DIRI SENDIRI SECARA NEGATIF. Pemikiran ini adalah bagian dari menghargai diri sendiri. Bagaimana seseorang berfikir tentang dirinya sangat berpengaruh terhadap self esteemnya.
  • COBALAH UNTUK MENERIMA HAL-HAL YANG TIDAK DAPAT KITA UBAH DALAM DIRI KITA. Beberapa orang merasa terganggu dengan tinggi badan dan pertumbuhan badan atau hal-hal lainnya yang tidak mungkin mereka ubah. Jangan biarkan diri kita memiliki pemikiran seperti itu. Katakan pada diri sendiri bahwa itu adalah bagian dari diri kita dan kita adalah pribadi yang istimewa.
  • INGATKAN PADA DIRI SENDIRI TENTANG KEKUATAN YANG KITA MILIKI. Buatlah gambar mental tentang hal-hal yang bisa kita lakukan dengan baik dan waktu-waktu ketika kita berhasil. Dalam keheningan, ingat-ingatlah hal tersebut, terutama pada waktu-waktu self esteem kita rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar