Jumat, 22 Juli 2011

Pentingnya Hubungan Kakek/Nenek dengan Cucu

Pola hubungan kakek/nenek dengan cucunya mempunyai keistimewaan tersendiri bila dibandingkan dengan pola hubungan anak dan orangtuanya. Sering kita mendengar kisah-kisah tentang betapa istimewanya nenek/kakek di mata cucunya, bahkan kita sendiri mungkin juga mempunyai kisah-kisah indah dengan kakek/nenek kita. Di sisi lain bagi sang kakek/nenek kehadiran sang cucu juga memberi semangat tersendiri bagi mereka.


Sayangnya untuk kebanyakan anak, kakek/nenek tidak lagi tinggal di seberang sungai atau di desa sebelah. Kakek nenek banyak yang tinggal di luar kota, bahkan dipropinsi atau pulau yang berbeda. Jarak yang jauh ini, seringkali menyebabkan anak-anak kita hanya dapat bertemu dengan kakek neneknya satu tahun sekali ketika hari raya keagamaan atau liburan sekolah. Sehingga anak tidak mempunyai kedekatan dengan kakek-neneknya.

Sangat penting bagi orangtua untuk mengenalkan nilai dari ikatan keluarga kepada anak-anak. Kakek nenek adalah orang yang paling tepat untuk melakukan hal ini. Kakek/nenek dapat memainkan peran aktif dalam kehidupan cucu mereka. Kakek-nenek dapat menyediakan stabilitas dalam tradisi keluarga. Kakek nenek juga dapat mengenalkan hubungan antar keluarga (Paman, Bibi, kemenakan, sepupu). Kakek nenek juga memberikan cinta tak bersyarat yang sangat penting untuk perkembangan anak usia dini. Kakek-nenek juga memperoleh semangat yang sama untuk cucu mereka. Bahkan lebih penting lagi, kakek bertindak sebagai figur/contoh yang mengajarkan anak-anak nilai-nilai keluarga, subjek yang sering diabaikan.
Anak-anak juga lebih mudah untuk berbicara/curhat dengan kakek-nenek daripada orang tua mereka, karena anak-anak menghormati apa yang kakek-nenek yang telah berpengalaman.

Begitu pentingnya hubungan antar generasi ini, tetapi cukup sulit untuk diterapkan. Kondisi ini tidak hanya terjadi di negara kita, bahkan di negara-negara maju keberadaan kakek nenek malah lebih memprihatinkan, sehingga mereka mengadakan waktu khusus (grand parent day) untuk kakek nenek. Bagi kita yang tak memiliki grandparent day tak ada salahnya untuk mulai memberikan waktu khusus bagi kakek/nenek dan cucu. Mari kita ajarkan kepada anak–anak untuk menghormati, mencintai dan menghargai kakek-nenek mereka, dengan memberi ruang dan waktu lebih banyak agar anak-anak dapat sering berkumpul dengan kakek-nenek mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar