Sabtu, 02 Januari 2010

Usia 18 bulan – 3 tahun Tahap Pembentukan Identitas

Pada usia ini Dr. Weiss mengelompokkan sebagai perkembangan tahap kedua. Pada tahap ini terjadi perubahan besar pada anak-anak. Mereka akan mulai menunjukkan keinginan yang kuat. Anak juga tampak posesif dan sering menunjukkan tingkah atau mengatakan “aku” dan “milikku”. Pada tahap ini anak juga sesaat melekat pada Anda dan sesaat kemudian dia akan menjauh.

Sebagai orang tua, kita harus belajar bagaimana menolong anak kita untuk menemukan identitasnya. Menolong anak kita agar dapat melihat dirinya sebagai pribadi yang terpisah dari orang tuanya. Apa yang harus dilakukan orang tua agar anak bisa terus mengembangkan identitas dan kemandiriannya. Kita juga harus menemaninya ketika ia mengalami kegelisahan karena ‘keterpisahan’. Orang tua juga harus mempelajari bagaimana sebaiknya mereka bereaksi ketika anak bertindak egois dan posesif.

Keberhasilan orang tua dalam mendampingi anaknya ketika melalui tahap ini akan membantu anak kita lebih memahami tentang siapa dirinya dan apa yang disukainya sehingga ia akan tumbuh bebas dengan identitas yang kuat.

Beberapa tingkah laku anak yang sebaiknya dicermati dalam tahap ini adalah:

Ketika anak mengalami kegelisahan akibat keterpisahan

Menjauh dari orang tua

Egois dan Posesif

Menemukan Tubuh

Menemukan berbagai hal tanpa bantuan

Memiliki perasaan sensitif

Melakukan berbagai hal

Melawan Orang tua

Bertingkah agresif

Bersikap keras kepala




Tidak ada komentar:

Posting Komentar