Jumat, 25 Desember 2009

Bagaimana Memahami Perkembangan Anak

Dear parents .....

Membesarkan anak-anak kita adalah tantangan yang menyenangkan sekaligus menakutkan. Setiap anak adalah suatu individu yang mempunyai karakter unik dan berbeda dengan lainnya. Keunikan karakter ini membuat apa yang kita hadapi tidak akan pernah persis sama antara anak satu dengan lainnya.

Namun, selayaknya kita menanam benih apabila kita mampu memahami karakter tanaman yang tumbuh dan kita merawatnya dengan baik maka kita akan dapat mengarahkan pertumbuhan tanaman itu agar menjadi lebih baik. Dr. Lynn Weiss seorang psikoterapis menuliskan sebuah buku praktis yang dapat membantu kita untuk memahami bagaimana perkembangan psikologi anak-anak kita.

Dear parents .....

Dalam bukunya Dr. Lynn Weiss membagi tahap perkembangan psikologis anak menjadi 5 yaitu:

  • Tahap 1 : Mengembangkan Rasa Percaya (0-18 bulan)
  • Tahap 2 : Pembentukan Identitas (18 bulan – 3 tahun)
  • Tahap 3 : Tumbuhnya Kompetensi (3 – 4 tahun)
  • Tahap 4 : Mengembangkan Kekuasaan(4 - 5,5 tahun)
  • Tahap 5 : Pengendalian Diri (5 – 6,5 tahun)

Pemahaman orangtua tentang tahap perkembangan anaknya, dapat mengurangi peluang timbulnya benturan dan memperkecil kesulitan yang akan terjadi antara orang tua dan anak. Dengan memahami tahap-tahap pertumbuhan anak Anda, mendukung kebutuhan-kebutuhan mereka dan melihat dunia dengan mata mereka, maka orang tua bisa memberi kesempatan terbaik bagi anak-anaknya untuk sukses dalam kehidupan.

Semoga bermanfaat..........





Tidak ada komentar:

Posting Komentar